30 Mei 2008

Trend Mc.Donald

Tidak sedikit restoran cepat saji yang ada di Indonesia. Rupanya bisnis ini sangat menggiurkan. Terbukti dengan merajalelanya restoran cepat saji baik dari luar negeri maupun dalam negeri sendiri. Mulai dari jualan ayam goreng, kopi tubruk, nasi padang, pizza, sampai roti dan kue bolu. Makan direstoran cepat saji, bagi sebagian besar orang Indonesia tidak hanya mengejar rasa karena memang menu yang ditawarkan lain dari menu masakan sehari-hari di rumah. Namun juga gengsi yang menyertainya. Meski ada sedikit pergeseran, dimana orang-orang kembali melirik ke warung-warung yang menyajikan menu tradisional sejak maraknya liputan kuliner di TV, dan Bondan Winarno menjadi selebritis baru dunia televise, restoran cepat saji tetap dalam posisi yang tidak dapat diganggu-gugat dalam hal menarik pembeli.


Berbagai program kencang dilancarkan untuk meraih pasar. mulai dari menu-menu yang terus diperbarui, penawaran paket hemat atau komplit, sampai peningkatan fasilitas bagi pelanggan. Pokoknya mereka tidak kalah kalah kreativenya dengan para kru di stasiun televise.
Dan menurutku yang paling menarik dan sukses adalah strategi McDonald di Bali. Dengan memanfaatkan gaya hidup dan kegiatan rutin masyarakat setempat, Mc Donald tidak perlu lagi bersusah payah promosi sekaligus menjual dagangannya. Yaitu dengan cara kerjasama jualan kupon makan paket panas.


Di Bali memang banyak sekali kegiatan, terutama yang diadakan oleh pemuda Banjar. Dengan berbagai kegiatan tentu mereka membutuhkan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Keliling ke rumah-rumah warga untuk minta sumbangan sudah kuno, dan hasilnya pun tidak seberapa. Lalu muncul trend mengadakan bazaar di bajar untuk mengumpulkan dana. Namun kegiatan seperti ini tentu sangat merepotkan. Membutuhkan banyak tenaga dan modal. Sementara para pemuda tersebut masih harus kuliah, sekolah, atau bekerja. Jadi sedikit punya waktu untuk mengurusi kegiatan bazaar. Dan sekarang mereka punya cara baru mencari dana, yaitu menjalin kerja sama dengan Mc.Donald.

Berhubung aku baru tinggal di Bali, jadi tidak tahu sejak kapan Trend ngumpulin dana dengan cara seperti ini dimulai. Kerja samanya yaitu dengan menjual kupon makan Mc.Donald kepada orang-orang. Sistem penjualan sih macam-macam. Setiap Banjar punya cara berbeda. Yang jelas penjualannya sangat luas, tidak hanya melulu untuk orang banjar setempat. Kupon di jual seharga Rp. 25.000, yang kemudian dapat di tukar dengan Paket PaNas di restoran Mc.D manapun yang tercantum di kupon.

Tentu saja cara ini sukses berat. Meskipun harus banyar 25rb hanya untuk satu paket PaNas (nasi, ayam goreng, softdrink) namun peminatnya sangat banyak. Cara ini dapat memuaskan tiga pihak. Pertama dan terbesar tentu saja Mc.Donald yang tentu penjualannya akan terus meningkat. Mengingat tentu akan banyak dari orang yang nukar kupon dan masih lagi nambah pesanan yang lain sebagai pelengkapnya, atau mungkin dia ngajak orang lain hanya dengan bawa satu kupon. Mau gak mau kan pesan lagi buat orang yang dia ajak. Tanpa mendayung tiga pulau terlampaui deh pokoknya. Bagi pencari dana (pemuda banjar biasanya) ini tentu cara yang sangat praktis dan efisien. Hanya dengan modal koneksi dan teman maka banyaklah kupon yang dia bisa jual. Tidak perlu repot, dana pun mengalir untuk kas kegiatan. Bagi pembeli (donatur) tentu mereka juga senang. Itung-itung sambil nyumbang dapat kupon makan di Mc.D lagi. Tentu lebih menguntungkan dari pada beli kupon bazaar dengan harga yang sama hanya dapat segelas bir dan sepiring kacang, atau paket makan lain yang rasanya belum terjamin.

Rupanya ini strategi penjualan yang jitu dan sangat cerdas dari Mc.Donald. Coba aja kalau sempat jalan-jalan ke Denpasar dan makan di Mc.D, kamu bakal banyak melihat orang-orang nukar kupon. . “Ada yang bisa di bantu mas?”.. “saya mau nukar 2 kupon”.. “oya, dua paket panas ya mas, dibungkus atau amakn sini?.. makan disini saja…ada tambahan?”…”hm..tambah frech fries ya mas yang medium satu aja, trus beef burgernya 2, dan ice cream sundee 2..”.. Nah lho, ternyata si mas ngjak istri dan 2 anaknya heheheh… selamat buat Mc.Donald…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar