29 Jan 2009

Pantangan Buat yang Pingin Hamil

Untuk sementara ada hal-hal menyenangkan yang harus dihindari. Ini salah satu upaya agar cepet hamil. Ya bukan berarti dengan menghindari makanan-makanan berikut trus jadi subur dan mudah hamil, tapi setidaknya memperbesar peluang untuk hamil. Namanya juga anjuran pakar dan orang berpengalaman, gak ada jeleknya kok didengar dan dilaksanakan :

1.Soft drink dan segala minuman dalam kemasan yang ditengarai mengandung bahan pengawet. Apalagi minuman bersoda seperti coca cola, fanta, dsb yang memang sangat-sangat tidak baik untuk kesehatan. Ini rasanya menjadi hal yang tidak mudah, habis sehari-hari akrab dengan minuman jenis ini. Praktis, nikmat, dan keren hehhe.. tapi sementara off dulu deh. Kalau makan diluar pesen minumnya kembali ke es jeruk atau teh hangat. Eh tapi minuh teh setelah makan juga gak bagus loh, lebih sehat memang air putih.



2. Indomie dan segala macam mie instant, serta makanan instant lainnya baik yang dalam kemasan maupun tidak. Lha trus aku makan apa dong? Bukankah tiap hari hamper semua makanan yang tersaji pasti ada unsur instannya. Bakso, sosis, nugget, jamur kemasan, bumbu instant..d..s..t.. wadoww.. Tapi yang terberat tentu menghindari mie instans. Makanan yang udah mendarah daging. Bahkan sejak bayi pun tubuhku udah kenal sama yang namanya mie instant. Paling enak tuh kalau malam-malam lapar trus bikin mie instant pake irisan sayuran hijau, tomat, cabai, pakae telur trus dimakan pakai kecap panas-panas gitu. Huuu..aku akan sangat merindukan moment itu..



3. Saus tomat warna merah juga salah satu yang harus dihindari (kalau gak bias ya kurangi deh..minimalisir banget..nget..nget.. apalagi saus tomat yang warnanya merah merona dan mereknya gak jelas yang biasa dipakai oleh penjual bakso keliling atau mie ayam. Meski menggoda mending stop dulu deh. Tapi bias gak ya..??? Harusnya ini dikuranginya juga satu paket sama baksonya dan mie ayamnya, jadi kurangi jajan ya, lebih bagus makan di rumah. Kalau pun kebelet jajan mending beli rujak cingur atau siomai aja..



4. Gorengan yang dijual dipinggir jalan terutama harus dihindari. Wehh..kalau ini sih bli yang punya aturan karena aku ini penggemar berat goreng-gorengan. Kalau udah makan gorengan seberapan banyaknya pasti habis. Belum lagi frekwensinya lumayan sering, bahkan waktu masih jadi anak kost hamper tiap hari belinya gorengannn terusss.. Hmm jadi terbayang gurihnya bakwan, tahu isi, pisang goreng, combro, tape goreng, singkong atau ubi goreng.. apalagi aku udah tahu dimana tempat beli gorengan yang enak.. Sepertinya harus harus mengeluarkan jurus rayuan jitu biar dibolehin beli gorengan lagi..




5. Sementara tidak boleh makan pisang hijau.. Hmm..gak tahu sih alasannya kenapa, tapi katanya bikin perut panas. Jadi makan pisang warna lainnya aja. Untungnya aku bukan penggemar pisang, kecuali kalau udah digoreng panas-panas..yummy..







6. Nangka.. udah jelas karena buah ini membuat perut panas. Apalagi kalau punya sakit maag..jangan dulu deh makan nangka.








7. Nanas.. paling segar kalau dibikin jus atau es nanas, siapa yang bias nolak. Tapi stop dulu makan nanas.








8. Melon adalah salah satu buah favoritku selain semangka. Tapi harus dihindari karena buah ini katanya membawa efek panas diperut. Tapi kalau dibayangkan secara logis ya, semangka dan melon itu kan tumbuh besar dan bulat sempurna gitu karena paparan bahan-bahan kimia. Mulai sejak belum jadi bunga, akhirnya jadi bunga, hingga tumbuh menjadi buah kecil sampai besar, terus saja disemprot ini itu..mungkin hal ini yang mebuat melon sebenarnya tidak sehat untuk dikonsumsi. Lho tapi kan hampi semua buah pertumbuhannya memang akrab dengan bahan-bahan kimia ya. Hmm..kira-kira buah apa ya yang masih aman ? papaya, pisang, rambutan, alpukat..apalagi ya…



9. Tape…hmm..enak nih kalau dimakan, tapi ada kandungan alcoholnya meski Cuma dikit. Tapi bukankah soda saja harus dihindari?? Sementara lupain dulu deh soal tape yang legit-legit manis itu..







10. Sambal yang pedas-pedas dikurangi dulu.. makan sambal yang manis-manis aja, yang tidak pakai cabai..









11. Informasi terbaru dari artikel yang aku baca katanya kedelai juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin punya anak. Karena kedelai mengandung genistein. Zat yang mempunyai pengaruh pada sprema. Pada cowok zat ini dianggap sebagai salah satu penyebab berkurangnya jumlah sperma, sementara pada cewek dapat mengurangi kesempatan sperma untuk menjangkau sel telur. Lebih jelasnya lagi silakan browsing sendiri ya..maaf karena gak sempat save alamat artikelnya jadi gak bias kasih link. Jadi ya kurangi dulu deh konsumsi produk kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, kecap, dsb. Dan bagiku ini yang palinggg sulittt.. aku penggemar tahu dan sukkaaa banget susu kedelai. Apalagi semenjak menemukan warung vegetarian yang mak nyusss.. yam au gak mau stop dulu sementara ini. Tapi buat anda yang memang tidak ada niat atau keinginan buat punya anak produk kedelai justru bagus lho buat kesehatan karena mengandung zat anti kanker. Jadi sangat disarankan untuk mengkonsumsi kedelai.


28 Jan 2009

Pingin Hamil

Gak sengaja menemukan blog ini dan ini, keep on fight girls..
Hehhe..selama ini perjuangan kami hanya tercatat dalam diary pribadi dan memo-memo kecil dikalender tempel, tidak kepikiran buat bikin blog. Ternyata bisa sangat berguna.. Buat yang ingin hamil blog2 ini bisa menjadi kawan yang memotivasi.. Semoga Tuhan segera memberikan jawaban-Nya untuk kami..Amiin

27 Jan 2009

Haram dan Halal

Selama week end kemarin gak ada kegiatan apa-apa. Otomatis hanya dirumah aja nonton TV dan ngurus kerjaan rumahan yang terbengkalai selama hari-hari kerja. Sebenarnya pingin banget ke Klenteng pas imlek kemarin, tapi ya akhirnya batal karena alasan-alasan gak jelas dari dalam diriku. Kabar paling baru dan menggelitik tentu saja dikeluarkannya fatwa MUI terbaru tentang pengharaman merokok, yoga, sama golput. Hmm jadi mikir ya, kenapa semuanya harus dipandang dari sudut haram dan halal. Ya pastinya para intelek itu punya pertimbangan sendiri dong yang tentunya udah penuh pemikiran yang mendalam, beda dengan kita-kita yang hanya menilai sebatas kulit. Tapi apa gunanya ngeblog dong kalau tidak bebas berpendapat. Kalaupun ada yang gak setuju tetap terbuka kok forumnya, kan ada kolom komentarnya. Iya nggak coy ??

Golput jadi diharamkan karena ada indikasi semakin banyaknya individu yang memilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya. Wah MUI masuk ke ranah politik nih. Lama-lama bisa bikin partai politik nih atau MUI bakal berubah jadi partai lalu butuh kursi di parlemen untuk meguatkan fatwa? Trus yoga yang bersumber pada pemahaman agama tertentu menjadi haram bagi muslim. Padahal yoga kan memang intinya dari Weda. Trus yoga yang untuk kesehatan itu, yoga yang untuk olah raga, yoga untuk mencari ketenangan semuanya ya sumbernya sama dari Weda, hanya pengambilannya secara parsial. Trus mana dong yang haram dan yang enggak. Kalau merokok itu hukumnya menjadi haram, ya gak papa sih. Merokok itu kan tidak ubahnya dengan bunuh diri dan bunuh orang lain. Ya siapa sih yang tidak mengharamkan membunuh. Tapi apa ya akan begini terus yang akan diberlakukan, yang ini haram..yang ini tidak..yang ini haram kecuali.. yang ini halal asalkan… trus kalau haram dan halal masih ada kecuali dan tapinya kok rasanya… aduh bingung aku.. oya jadi muncul pertanyaan, fatwa MUI itu untuk bangsa Indonesia apa untuk yang muslim saja ya ? kalau Cuma buat yang muslim saja trus yang agama lain gimana dong, apakah ada fatwa-fatwa juga, trus masing-masing agama akan mengeluarkan fatwa sendiri-sendiri gitu? Trus fatwa yang satunya kalau bertentangan atau kres dengan fatwa lainnya gimana dong? Bertengkar dong? Konflik dong? Perang dong..mau jadi apa ya Negara kita.. Negara fatwa atau Negara undang-undang..gimana dong..bingung aku… DANNN..semua produsen rebutan logo halal dari MUI biar laku jualannya, lalu apakah suatu saat nanti akan ada ROKOK yang berlogo HALAL????

***
Kalau makanan vegetarian, jangankan lemak babi atau lainnnya, bahkan hewani apapun tidak ada dalam kandungannya, kira-kira masih butuh logo halal juga gak ya dari MUI ?

***
Rokok menjadi haram karena membahayakan kesehatan manusia, lalu bagaiamana dengan makanan kemasan lainnya yang jelas-jelas juga membahayakan kesehatan manusia..apakah makanan kemasan masih halal dimakan? Kalau membahayakan kesehatan trus kenapa dapat sertifikasi halal MUI, berarti MUI menghalalkan makanan kemasan yang tidak menyehatkan dong.. lho..kok..gimana dong???

***
Yang tidak membahayakan kesehatan itu halal, yang membahayakan kesehatan itu haram, trus kita bernafas kan menghirup oksigen yang berpolusi, trus bernafas itu haram dong.. lho..kok ngelantur..

***
Trus menikah dengan orang yang punya penyakit AIDS gimana? Menikahi orang yang punya penyakit kelamin gimana? Menikahi orang yang kena hepatitis A gimana? Itu kan membahayakan kesehatan, halal apa haram?

Karena bertanya tidak membuatmu berdosa - Fahd Djibran

Ketemuan II

Gak tahu nih, yang ini termasuk kopi darat juga atau tidak. Mungkin lebih tepatnya lagi ketemuan kali ya. Ketemuan sama teman atau sahabat lama di tempat yang baru. Setelah beberapa ketemuan terdahulu, kemarin aku mengadakan ketemuan lagi dengan kawan lama, andrey dan Denny. Mereka berdua adalah teman kuliah sejurusan dan seangkatan di HI UGM. Sebenarnya sih udah saling kontak sebelumnya lewat email dan telepon buat mengadakan pertemuan.

Kebetulan Denny yang asli orang Jogja dan masih setia berdomisili di Jogja itu ada perjalanan bisnis (ciee..) ke Bali. Sementara aku sama Andrey memang sama-sama udah tinggal di Bali meski belum pernah bertemu selama disini. Gak nyangka melihat mereka berdua lagi setelah lebih dari 5 tahun pisah. Ternyata kami tidak banyak berubah hehhe..masih tetap muda. Perubahan hanya terjadi diperut masing-masing yang lebih buncit meski sama-sama tidak sedang hamil.

Tidak sempat ngobrol banyak sih. Hanya ngobrol-ngobrol ringan tentang kegiatan masing-masing saat ini. Dan ternyata kita bertiga sama-sama bekerja diluar jalur latar belakang pendidikan kami di HI UGM. Denny lagi asyik mengembangkan bisnisnya di bidang pariwisana. Bisnis yang udah dirintisnya sejak masih kuliah kurasa. Trus Andrey sekarang menekuni bidang desain grafis, sesuai dengan gayanya yang nyantai dan nyeni itu. Sementara aku ya disini, melanjutkan bidang broadcasting dan sinematografi yang aku sukai. Dan kami bertiga sepakat, mata kuliah di HI bukanlah bekal ilmu yang kami butuhkan untuk menjalani pekerjaan saat ini, namun ijasah ternyata jauh lebih penting hehhehe… jadi bohong tuh yang bilang kalau ijasah gak penting. Buktinya banyak caleg dan pejabat-pejabat lainnya yang rama-ramai bikin ijasah dan gelar palsu. Hanya satu hal saja yang membedakan orang berijasah palsu dan gak palsu. Bukan ilmunya tapi sosialnya. Orang yang ijasahnya asli punya lebih banyak teman buat diajak reunian.

Peace to andrey and Denny. That was my very great time. To andrey see you on bukit jimbaran, to denny, you’re not denny boy anymore. I think you become denny man, just wait for the lucky girl to be your bride.

8 Jan 2009

Kakek Veteran


Aku sedang diliputi perasaan bersalah saat ini.. Ah..tidak enak sekali rasanya. Pagi tadi pukul 07.00 WITA antar bli ke kantor. Di
balai banjar dekat rumah lihat seorang kakek dengan seragam veteran lengkap sedang duduk. Sepertinya menunggu jemputan atau apa untuk pergi ke suatu tempat. Trus pulang ngantar bli 07.30 WITA pas lewat depan balai banjar yang kebetulan juga didekat rumah, kakek itu masih ada disana. Duduk dengan sabar. Aku pulang mandi, siap-siap trus berangkat kantor pukul 08.15 WITA aku masih lihat kakek itu disana. Itu berarti kemungkinan beliau sudah menunggu 1,5 jam. Kali ini dia gelisah, sebentar-sebentar berdiri melihat ke arah jalan. Sebenarnya sekilas saja aku mengamati tapi kenapa aku jadi gelisah ya. Seperti ada yang mengusik hatiku. Antara kasihan dan perasaan sayang. Kalau melihat laki-laki tua aku selalu jatuh iba, ingat sama bapakku. Sedihnya.. Aku kangen sama bapak, selama ini hanya bisa telpon-telponan saja.

Ingin rasanya aku berhenti dan menanyakan pada kakek itu, kemana beliau ingin pergi, atau setidaknya bertanya siapa yang
kakek tunggu? Apakah rombongannya? Kalau beliau mau, sebenarnya saya ingin mengantarkan. Ingin sekali. Tapi kok ya hati ini ragu-ragu. Antara perasaan malu, dan takut terlambat ke kantor (walahhh..). Ini dia yang benar-benar membuat aku masih merasa bersalah sampai sekarang. Kenapa harus ragu dan malu kalau ingin berbuat baik? Kenapa aku harus mepet berangkat kantor? Kenapa?..kenapa aku tidak berdaya dan malah melarikan diri. Kenapa egois sekali aku ini. Pada seorang kakek yang harusnya aku sapa dan aku ajak beramah-tamah. Mungkin saja beliau seorang veterang perang yang telah berjuang membela negeri ini. Mungkin ia abdi negara atau staf pemerintahan yang sudah pensiun dan akan menghadiri pertemuan rutin. Tuhan, aku telah menyia-nyiakan seorang pahlawan. Seorang kakek yang sedang duduk sendiri di balai banjar dengan seragam veteran. Dia terlihat gagah dan bijaksana, lembut dengan sikap yang santun khas kakek-kakek. Aku merindukan kakek. Sejak terlahir ke dunia ini aku tidak pernah merasakan belaian seorang kakek. Kakek dari ibu maupun bapak keduanya sudah meninggal waktu orang tuaku masih remaja. Tidak sempat melihat anaknya menikah.

Tuhan tolonglah kakek tadi..ya. Seharusnya aku malu tidak bisa berbuat baik tapi aku hanya bisa memohon kepadamu Tuhan.
Segera pertemukan beliau dengan rombongannya Tuhan, agar beliau tidak gelisah berkepanjangan. Tuhan..jagalah selalu bapak saya dan bapak mertua saya agar nanti pada waktunya, anak-anak kami dapat merasakan kasih sayang dari kakek-kakeknya. Tuhan, jagalah mereka agar memiliki waktu yang cukup untuk memuaskan diri menimang cucu-cucunya..Amiin..