4 Mei 2009

Apa Kabar Bali ?


Postingan kali ini adalah hasil iseng aja, mengenai beberapa hal yang aku cari dan aku sukai di pasar Badung. Pasar Badung itu sendiri boleh dibilang pasar yang paling komplit di Bali. Mulai dari kebutuhan masyarakat sehari-hari, upacara adat, souvenir, mode, sampai kuliner komplit ada disini. Biasanya wisatawan mencari Sukawati yang terkenal sebagai pusatnya oleh-oleh khas Bali. Namun jika gak sempat ke Sukawati bolehlah mampir Ke pasar Badung sambil menikmati suasana pasar tradisional yang sangat kental dengan nuansa Bali. Oya kalau cari Souvenir bisa di pasar Kumbasari yang letaknya sebelahan dengan pasar Badung.

yang pertama ini tentang fenomena yang sering membuat aku gemas sekaligus kesal. yaitu para pemakai jalan yang dengan seenaknya menelpon bahkan sms sambil naik motor atau nyetir mobil. Aduh..segitu sibuknya ya sampai-sampai di jalanpun gak bisa lepas dari yang namanya HP. Sungguh perbuatan yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Ya seperti bapak yang satu ini deh..


Sudah lama banget banget aku mengincar foto seperti ini. Tapi seringnya aku juga pas naik motor pas lihat orang mainin hp sambil naik motor. Gak bisa moto jadinya. Akhirnya setelah nongkrong dipinggir jalan dapet juga moment ini.

Kalau yang ini iseng aja, pas lihat-lihat ke dalam di bagian perlengkapan upacara adat lihat pemandangan yang ngejreng warnanya. Ini sebenarnya adalah hiasan rumah atau sanggah. Biasanya dipasang sebagai dekorasi saat ada upacara tertentu atau pesta. warnanya khas..emas dan merah. Sama seperti warna kebanggaan asrama Griffindor, asramaku dulu pas jaman sekolah.


Wahh..romantis ya. Boncengan sama yang tercinta ditengah gerimis. hayo..hayo siapa yang punya kenangan boncengan sama kekasih tercinta keliling Bali. menikmati pemandangan indah menyusuri persawahan subak nan memukau disepanjang pedesaan di Ubud. tapi kalau ini sih di Denpasar nih, di Depan pasar badung.


Kalau yang ini ngambil idenya para pemburu di Belantara afrika. Kalau jaman dulu pemburu mengkoleksi hasil buruannya dengan menembah hewan buruan trus diawetkan, sekarang tidak harus jadi pembunuh untuk bisa disebut pemburu. Cukup mendokumentasikannya dengan kamera. Maksud hati ingin mengoleksi berbagai perhiasan ini, berhubung gak ada duit ya foto aja deh.. kalau udah pakai kebaya..wah pasti tergoda buat koleksi yang seperti ginian. mau..mau..mau...


kalau gelang ini sebenarnya gak begitu suka memakainya (kecuali ada yang ngasih gratis). Tapi warna-warnanya menggoda untuk dicapture.

Waa..kalau yang ini favoritku. Kalau di Jawa ayam panggang seperti ini biasanya untuk tumpeng. Dimakan dengan nasi tumpeng yang panas dan pelengkapnya adalah sayur urap dan oseng-oseng lombok ijo. Nikmatnya.. tapi kalau di Bali ini adalah pelengkap Banten untuk upacara adat. Kalau upacaranya udah selesai ya dimakan ramai-ramai. Biasanya disuwir kecil-kecil trus diaduk sama sambal limau.

Tapi awas, ternyata ada yang ngincar duluan. Namanya juga dipasar.

4 komentar:

  1. wah suka foto2 juga ya bu...
    bagus2 fotonya, like it :)

    BalasHapus
  2. Hehehe..iseng aja Ayik..kebetulan waktu itu hunting rombongan..

    BalasHapus
  3. seru jg tuh liputannya..besok2 kalo ke bali tinggal calll inten aj ni! jd guide yaa?? hehehe...

    BalasHapus
  4. "Boncengan sama yang tercinta ditengah gerimis. hayo..hayo siapa yang punya kenangan boncengan sama kekasih tercinta keliling Bali."

    (tunjuk jari diam2...hihihi....jadi malu!:p)

    BalasHapus