9 Nov 2011

Robin Lim - Finalis CNN Hero 2011

Udah pernah tahu belum sih program CNN Hero??? 
Jadi ini adalah program tahunan dari CNN untuk mencari orang-orang diseluh dunia yang telah berjasa membuat perubahan. Nah tahun 2011 ini CNN kembali menggelar program tersebut dan salah satu dari 10 finalis tersebut berasal dari Indonesia meskipun bukan orang Indonesia. Itu artinya, tokoh tersebut telah berbuat sesuatu untuk perubahan di Indonesia. Hayo... haruskan merasa bangga atau malu??? orang yang berjasa untuk negerimu ternyata adalah warga negara asing. Kalau saya terus terang merasa malu. Kenapa dia mampu berbuat untuk Indonesia sementara saya tidak, that's it. OK..saya tinggalkan dulu kemaluan (rasa malu ini), ayo lanjut..
Banner diambil dari Web CNN for candidate CNN Hero 2011, Robin Lim

Nah orang tersebut tidak lain adalah Robin Lim. Sebenarnya saya tidak mengenal Robin Lim secara Pribadi. Kebetulan salah satu mahasiswa dikelas saya bekerja di Yayasan Bumi Sehat, yayasan non profit dalam bidang kesehatan (terutama ibu dan anak) yang didirikan oleh Robin Lim di Banjar Nyuh Kuning, Ubud, Bali. Beberapa kali dia membahas tentang Yayasan dan Ibu Robin Lim di presentasi atau tugas-tugas kuliahnya. Dari situlah aku mengenal sosok ini. Tapi sebenarnya Robin Lim telah banyak di ulas di berbagai media, bahkan sudah menjadi kandidat juga di Kick Andy Hero 2012. Dan jangan tanyakan kenapa Kick Andy keduluan CNN. Profil Ronbin Lim juga ada di link yang saya sertakan tersebut. Ini cuplikan paragrafnya :
"Robin kini sudah menetap bersama keluarganya di Ubud, Bali. Di Yayasan Bumi Sehat, Ubud, dia telah membantu sekitar 400 persalinan sekaligus memandu ASI ekslusif. Sekitar 30% dari persalinan tersebut dilakukan di dalam air. “Di samping bisa mengurangi rasa sakit sekitar seperempat kali, melahirkan di air juga bisa mengurangi risiko sobeknya vagina. Selain itu, dengan lahir di air, bayi tidak terlalu kaget karena masih dalam habitatnya (berada dalam cairan),” kata wanita kelahiran Arizona, USA, 24 November 1936 ini. (Kick Andy Heroes)"
"Robin Lim, seorang ibunda yang bekerja sebagai bidan membantu ribuan perempuan yang miskin melahirkan anaknya dengan sehat. Pendiri Klinik Yayasan Bumi Sehat (Healthy Mother Earth Foundation) ini, menyediakan pemeriksaan kehamilan secara gratis, pelayanan kelahiran, dan bantuan medis kepada siappun yang memerlukan. Beliau dan tim nya berjuang keras memerangi kematian bayi dan ibunya di Indonesia, yang terkenal sebagai negara yang sangat tinggi angka kematian bayi dan ibu.

Didirikan pada tahun 1995, Bumi Sehat adalah nirlaba, organisasi berbasis desa yang menjalankan operasi nya di dua daerah, dan hanyamenjadi yayasan yang berbasis sumbangan. Menjadi pusat kesehatan masyarakat di Bali dan Aceh, Indonesia. Yayasan ini menyediakan lebih dari 17.000 konsultasi kesehatan untuk anak-anak dan orang dewasa per tahun. Pelayanan kebidanan untuk memastikan lancarnya kelahiran bayi di fasilitas Yayasan Bumi Sehat dan klinik kami membantu sekitar 600 bayi yang lahir ke dunia setiap tahunnya. (Kompasiana - Jack Soetopo)"
Hmmm... apakah penggalan-pengalan diatas juga sudah membuat kemaluan (rasa malu) Anda muncul. Dari pada jengah dan menyesali diri karena belum bisa berbuat sesuatu untuk Indonesiamu, kenapa kita tidak dukung saja ibu Robin Lim?? caranya adalah dengan melakukan vote dan memilih ibu Robin Lim sebagai pemenang CNN Hero 2011. Gampang sekali, tinggal klik saja banner di posting ini atau banner di header blog ini dan ikuti langkah-langkahnya. YESSS!!! Do it and you did it for INDONESIA.


Vote ini berlangsung hingga 7 Desember 2011, jadi sudah gak banyak lagi waktu, lakukan sekarang. Dari blog akarumput, aku mendapat ini, cara-cara mendukung Robin Lim yang bisa Anda Lakukan juga :
  1. Luangkan sejenak waktu untuk memilih dia di laman ini. Anda hanya perlu memasukkan alamat email atau akun facebook. Satu alamat email (berapa email yang Anda punya?) atau akun facebook bisa melakukan vote maksimal 10 kali sehari. Voting ditutup pada 7 Desember 2011.
  2. Kirim tulisan atau link laman ini kepada 10 orang yang Anda cintai lewat email, atau jejaring sosial. Lakukan sesering mungkin.
  3. Pasang banner “Vote Robin Lim” di situs atau blog Anda, dan cantumkan sebagai email signature.
  4. Follow @iburobin di Twitter dan ‘Like’ Facebook page Robin Lim.
  5. Vote dan vote lagi.
Ayo berbuat dengan jarimu... :)

4 komentar:

  1. thank you so much for this beautiful post. Love from Bali & Bumi Sehat.

    BalasHapus
  2. You're welcome, i love the way you love mom&baby Thank you so much :)

    BalasHapus
  3. Fighting Mom.. i believe u can get d; best
    someday..i wanna like u
    let's support the midwifery profession!!

    BalasHapus
  4. We hope so, you can be the next Robin Lim

    BalasHapus